Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 10 Juli 2024

Fakta Fakta Bambu

 Beberapa fakta tentang bambu:


1. Pertumbuhan Cepat: Bambu adalah tanaman yang tumbuh paling cepat di dunia. Telah dicatat tumbuh 47,6 inci dalam 24 jam. Beberapa spesies bahkan dapat tumbuh lebih dari satu meter per hari dalam kondisi optimal. Sebuah bambu baru mencapai ketinggian penuhnya dalam waktu kurang dari setahun.


2. Pelepasan Oksigen: Segunung bambu melepaskan oksigen 35 persen lebih banyak daripada pohon lain di luar sana.


3. Penyesapan Karbon Dioksida: Bambu menyerap karbondioksida pada tingkat 17 ton per hektar setiap tahun. Ini dapat bertindak sebagai penyerap karbon yang berharga mengingat seberapa cepat tanaman tumbuh.


4. Tidak perlu pupuk: Bambu tidak perlu pupuk untuk tumbuh. Ia bisa mulsa sendiri dengan menjatuhkan daun dan menggunakan nutrisi untuk tumbuh.


5. Rintangan kekeringan: Bambu adalah tanaman yang toleran terhadap kekeringan. Mereka bisa tumbuh di padang pasir.


6. Penggantian Kayu: Bambu dapat dipanen dalam 3-5 tahun dibandingkan dengan pohon kayu lunak yang paling banyak terjadi pada 20 hingga 30 tahun.


7. Bahan Bangunan: Bambu sangat kuat dan kokoh. Telah digunakan sebagai penyangga beton serta perancah, jembatan, dan rumah.


8. Stabilitas Tanah: Bambu memiliki jaringan luas akar bawah tanah dan rimpang yang mencegah kerusakan tanah.


9. AC Alami: Bambu mendinginkan udara di sekitarnya hingga 8 derajat di musim panas.


10. Invasiveness: Beberapa spesies bambu, terutama bambu 'berlari', dapat invasif karena sistem akarnya yang luas, yang memungkinkan mereka menyebar dengan cepat. Namun, tidak semua spesies invasif, dan dengan pengelolaan yang tepat, dampak lingkungan dapat dikurangi.


📸 Penyelenggara Pembibitan Bambu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Calon Arang

 C alon Arang merupakan cerita rakyat yang berkembang di tanah Jawa dan Bali.   Dalam tradisi Jawa , embrio kisah ini tertulis dalam naskah ...