Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 22 Oktober 2024

Kode 10(Ten Code)

 

Kode 10

TEN CODE / KODE 10

ABBREVIATED TEN CODE AND APLICATION

RAPIKode 10 adalah kata-kata sandi yang diawali dengan angka 10 yang digunakan oleh organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) / KRAP (Komunikasi Radio Antar Penduduk)

Ten Code pakai Citizen Band (CB) international

CODEBAHASA INDONESIABAHASA INGGRIS
101Diterima tidak sempurna Receiving poorly
102Diterima sempurnaReceiving well
103Berhenti mengudaraStop transmiting
104Berita diterima, OKOK  message
105Berita disampaikan ke……Relay to message
106Ada kesibukan, monitorBussy, stand by
107Mohon diri perangkat tidak sempurnaOut of service, not working, closing down
108Sedang diperbaiki, bila selesai bergabung lagiIn service subject to call working
109Berita diulangRepeat message
1010Berita selesai, monitorTransmission completed, stand by
1011Bicara terlalu cepatTalking to fast
1012Ada tamuVisitors present
1013Info cuaca dan situasi jalanAdvice weather and road conditions
1014Berita, informasiMessage, Information
1015Berita tidak benarUncorrect message
1016Berita balikReplay to massage
1017Urusan pentingUrgent business
1018Ada sesuatu untuk kami ?Anything for us ?
1019Tidak ada sesuatu untuk Anda, kembali ke posNothing for you, Return to base
1020Lokasi ?Location ?
1021Hubungi via teleponCall by telephone
1022Laporkan sendiri ke…..Report in person to…..
1023MonitorStand by
1024Tugas terakhir selesaiCompleted last assignment
1025Dapatkah Anda hubungi…..Can yu contact…..
1026Berita terakhir tidak serius, bercandaDisregard last information
1027Pindah Frekuensi…..I am moving to frequency…..
1028Nama PanggilanCall sign, Identify your station
1029Waktu untuk komunikasi selesaiTime is up for contact
1030Melanggar aturan dari…..Does not to conform to rules…..
1031Antena yang digunakanProcced with antenna
1032Radio cek untuk AndaI ll give a radio check
1033Darurat segera ditolongEmergency help quickly
1034Ada kesulitan mohon bantuanTrouble , help needed
1035Informasi rahasiaConfidential Information
1036Cek waktu, jam…..Correck time
1037Perlu mobil derek di…..Wrecker needed at…..
1038Perlu ambulan di …..Ambulance needed at…..
1039Berita telah sampaiMessage delivered
1040Perlu dokter di …..Docter needed at…..
1041Silahkan pindah ke chanel…..Please turn to chanel…..
1042Kecelakaan Lalu lintas di…..Traffic accident at…..
1043Kemacetan lalu lintas di …..Traffic tie up at…..
1044Saya ada pesan untuk AndaI have message for you
1045Semua unit dalam jangkauan harap melaporAll units within range please report
1046Sopir cadanganAssist motorist/need assist
1047Berangkat jam…..Departured time…..
1048Datang jam…..Arrved time…..
1049Bertemu di…..To meet at/pick up at…..
1050Kosongkan jalurBreak channel
1051BBM habis/penuhStop for gas/full
1052Butuh banRubber need
1053Mobil pengantar/pengawalConvoy escort/forraider
1054Alokasi FrekuensiFrequency allocation
1055Pengendara melanggar aturan lalu lintasIntercicted driver
1056Laporan perkembanganProgress report
1057Butuh alat peneranganLighting needed
1058Mobil mogok/dorongTo strike car
1059Butuh montirRepairman needed
1060Apa pesan selanjutnya ?What is next message ?
1061Jalan buntuEnd road/road blocked
1062Tidak terdengar gunakan teleponUnable to copy, use telephone
1063Bankom dilaporkan ke…..Network directed to …..
1064Frekuensi/Kanal ini bersihThis frequency/channel is clear
1065Menunggu pesan selanjutnyaAwaiting  your next message
1066Pesan ditundaCancel message
1067Semua siap bertugasAll units comply
1068Acara pertemuan di…..Have a meeting at…..
1069Urusan pribadiPrivate bussines
1070Perlu bantuan ada kebakaran di ….Fire needed help
1071Radio  yang  digunakanProceed with transmission
1072Pengarahan dari…..A guidance from…..
1073Pantauan kecepatan di…..Speed trap at…..
1074TidakNegative
1075Gangguan radioCausing interference
1076Dalam perjalanan ke …..Destination trip to…../on the road to…..
1077Tidak komunikasi dengan…..Negative  contact with…..
1078Sekolah / tempat pekerjaanSchool / occupation
1079Butuh makanan dan minumanFood & drinked needed
1080Stasiun Radio Pancar UlangRepeater station
1081Pesan kamar di hotelReserve hotel room
1082Pesan kamar untukReserve room for
1083Perlengkapan cadanganReserve equipment
1084Nomor teleponTelephone number
1085Alamat saya di…..My address is……
1086Nomor Telepon Bagian InformasiInfo telephone call
1087Mohon dijemput di…..Make pic up at…..
1088Salam, peluk ciumLove & kisses
1089Butuh montir mobil, radio, dllRepairman for mobile, radio, etc
1090Ganguan terhadap TVTelevition interverence
1091Bicara dekat mikeTolk to closer to mic
1092Frekuensi Anda tidak tepatYour transmitter is out of adjustment
1093Cek frekuensi saya pada kanal iniCheck my frequency in this channel
1094Bicara yang panjang untuk tuningPlease long count for tune
1095Pentang signal 5 detikTransmit dead carrier for 5 seconds
1096Gangguan jammerDisturbance
1097Test signalSignal test
1098Kegiatan netNet actifity
1099Tugas selesai, semua kembali selamatMission completed, all units secure
10100Kamar kecilRest room
10200Butuh polisi di…..Police needed at…..
10300Perlu pemadam kebakaran di…..Fire Brigade help at…..
10400Perlu bantuan Tibum di…..Public Regularity help at…..
10500Perlu bantuan Provost di…..Militery Police help at…..
10600Perlu bantuan Militer di…..Militery help at…..
10700Perlu bantuan Team SAR di…..Search help at…..
10800Perlu bantuan Petugas PLN  di……Electricity State Company help at…..

55 = Salam Sejahtera

51 = Salam Keluarga

73 = Selamat Tinggal

Kode 11(Eleven Code)

 

Kode 11

Kode 11 (Eleven Code)

Kode komunikasi radio ini dipergunakan oleh BSI, BNPB, BPBD dan TAGANA

KodeArtinya
11-10Report signal
11-11Penerimaan kurang baik
11-12Penerimaan bagus  –  sempurna
11-13Keadaan cuaca
11-14Butuh Informasi tentang….
11-15Pesan dimengerti
11-18Nomor telepon
11-20Posisi  –  tempat kedudukan
11-21Percakapan lewat telepon
11-23Standby monitor
11-24Mobil (pengemudi) bingung
11-25Kepadatan lalu lintas jalan
11-26Mobil mogok
11-27Pindah kanal komunikasi ke
11-28Identitas diri…
11-30Informasi keadaan di TKP
11-31Keadaan tenang, tidak mengkhawatirkan
11-33Situasi darurat di…(TKP)
11-35Pesan untuk disampaikan
11-36Jam  –  penunjuk waktu
11-37Kondisi terakhir  –  aktual
11-41Minta ambulan
11-42Minta paramedis
11-44Keadaan memburuk
11-48Penyedia jasa transport
11-50Semua diam selain Pengendali
11-55Pertemuan di…
11-56Butuh tenaga relawan
11-57Suasana gaduh  –  kacau
11-58Pengerahan massa
11-66Trafficlight mati
11-72Kebakaran di…
11-73Minta dikirim mobil pemadam kebakaran
11-75Kantor  –  tempat kerja.
11-76Arah  –  tujuan ke…
11-77Banjir di aliran sungai…
11-78Banjir lokal  –  setempat
11-79Ada tabrakan, ambulance sudah di jalan

Jumat, 18 Oktober 2024

Pemilik Motor dan mobil pertama di Indonesia

 Kisah John Charles Matthew Potter: Pemilik Motor Pertama di Indonesia


Siapa sangka, pemilik motor pertama di Indonesia bukanlah seorang bangsawan atau orang kaya raya, melainkan seorang buruh pabrik bernama John Charles Matthew Potter. Warga Inggris yang merantau ke Indonesia ini bekerja di pabrik gula di Probolinggo, Jawa Timur, sebagai masinis sebelum beralih menjadi teknisi yang andal dalam memperbaiki mesin-mesin pabrik. Keuletannya membawa kemajuan bagi banyak pabrik gula, hingga Potter mampu mengumpulkan uang yang cukup untuk membeli sebuah sepeda motor.


Pada tahun 1893, Potter membuat sejarah dengan mendatangkan sepeda motor pertama ke Tanah Air. Motor tersebut dibeli langsung dari pabrikan Hildebrand und Wolfmuller di Jerman dengan harga 1.000 gulden atau setara US$500. Motor berkapasitas 1.500 cc ini mampu melaju hingga 45 km/jam, sebuah kecepatan yang luar biasa pada masa itu. Apa yang membuat pembelian Potter semakin berkesan adalah bahwa pabrikan di Jerman terkejut karena menerima pesanan dari tempat yang tak pernah mereka dengar—sebuah wilayah di Jawa Timur yang mereka anggap 'antah berantah'.


Motor ini pun tiba di Indonesia dan segera menjadi pusat perhatian. Orang-orang yang biasa melihat delman dan kereta api kini menyaksikan kendaraan bermesin pertama yang melaju di jalanan. Bahkan, Raja Jawa yang kaya raya, Pakubuwana X, tertarik dengan kendaraan ini. Namun, alih-alih membeli motor, ia malah memilih untuk membeli mobil, menjadikannya pemilik mobil pertama di Indonesia pada tahun 1894, juga berkat usaha Potter yang menjadi perantara pengiriman mobil tersebut dari Eropa.


Keberadaan motor dan mobil perlahan menggantikan transportasi bertenaga hewan seperti kereta kuda. Popularitas kedua kendaraan ini meningkat pesat, menjadi simbol kekayaan dan kemajuan teknologi. Pada tahun 1928, Indonesia telah memiliki lebih dari 40.000 mobil dan 10.505 motor, memperkuat peran kendaraan bermotor dalam transportasi dan kehidupan masyarakat.


Kisah Potter bukan hanya tentang motor pertama, tetapi juga tentang perannya dalam memperkenalkan teknologi baru yang merevolusi transportasi di Indonesia.

Sumber : CNBC INDONESIA 


*Gambar hanya ilustrasi


Shoping Sons Service