Sabtu, 08 Januari 2011

POLA HIDUP SEHAT TANPA ROKOK

Pola Hidup Sehat, Dapat Tunjangan
Sabtu, 8 Januari 2011 | 10:35 WIB

shutterstockLONDON, KOMPAS.com — Ingin tambah sehat, langsing, dan kaya? Datanglah ke Inggris. Pemerintah negara itu memberikan insentif dalam bentuk uang bagi orang yang bisa mengurangi berat badan, berhenti merokok, atau berjalan kaki ke tempat tujuan.

”Kami akan memperluas program pemberian insentif keuangan bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan hidup sehat, selama ada bukti yang mendukung,” tutur seorang juru bicara Departemen Kesehatan, Jumat (7/1/2011).

Dalam uji coba program di wilayah Kent, seseorang yang berhasil mencapai target pengurangan berat badan tertentu dan bisa mempertahankan selama 24 bulan akan mendapat insentif sebesar 425 poundsterling (Rp 5,9 juta). Di London, pengelola transportasi publik akan memberikan tiket menonton film atau voucer belanja kepada anak-anak sekolah yang mau berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki.

Di Skotlandia, pemerintah akan memberikan voucer belanja makanan senilai 12,50 poundsterling (Rp 173.600) per minggu kepada setiap wanita hamil di lingkungan masyarakat miskin apabila mereka mau berhenti merokok. Meski mulai menunjukkan hasil, ada yang mengkritik program seperti ini tidak mendidik.


Kompas CetakSumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar